Bisnis Afiliasi

Bisnis Afiliasi

Bisnis Afiliasi Merambah Pengguna Sosial Media

Bisnis Afiliasi merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama. Pembentukan kontak sosial ini menghasilkan sebuah pertalian. Istilah ini disebut juga dengan istilah motif yang artinya adalah tenaga pendorong atau penggerak kebutuhan yang ada pada manusia dan bersifat universal.

Bisnis Afiliasi
cara berbisnis online tanpa modal

Dalam perkembangan bisnis afiliasi, manusia membentuk afiliasi didasari oleh alasan formal dan rasional. Manusia memiliki alasan logis kenapa dia ingin membentuk afiliasi. Akan tetapi, tanpa ada dorongan ini pun mesti diakui bahwa manusia membutuhkan orang lain dan secara alami membangun kontak sosial. Alasannya adalah manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya tanpa ada campur tangan dari orang lain. Bidang ilmu yang banyak meneliti mengenai dorongan seseorang untuk selalu membangun kontak sosial adalah psikologi.

Penelitian menunjukkan bahwa bisnis afiiliasi seseorang erat hubungannya dengan kebutuhan akan ketergantungan dengan orang lain. Psikologi juga meneliti kaitan antara afiliasi dengan kebutuhan seseorang untuk diakui dan diterima oleh lingkungannya. Penelitian psikologis dalam bidang kepribadian menunjukkan bahwa tingkat afiliasi setiap orang berbeda-beda derajatnya.

Jenis Program Affiliate Marketing

Terdapat berbagai cara untuk mendapatkan income dari program affiliate marketing. Untuk itu, berikut adalah kiat sukses bisnis online dengan mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis program affiliate marketing. Berikut adalah jenis program affiliate marketing yang banyak digunakan untuk meraup untung.

Pay Per Sale (PPS)

Merupakan jenis program affiliate marketing di mana Anda akan mendapatkan komisi jika terjadi konversi (penjualan) melalui link affiliasi Anda. Komisi bervariasi, tergantung kebijakan setiap advertiser yang menawarkan program affiliasi. Jenis ini pula lah yang terdapat dalam program affiliate Suplier.id. Karena, setiap konversi melalui link Anda, maka akan mendapatkan komisi dari Suplier.id

Pay Per Lead (PPL)

Ini termasuk ke dalam jenis program di mana Anda akan mendapatkan komisi dari setiap prospek atau leads yang bergabung melalui link affiliasi Anda sesuai kualifikasi yang ditentukan oleh merchant. Komisi pembayaran flat, atau yang umum diterimakan oleh situs luar negeri sebesar $ 0.10/lead. Contoh, merchant PPL seperti situs domain gratis luar neger, namun program terbaik biasanya berasal dari situs asuransi, properti, dan aplikasi pinjaman.

Pay Per Click (PPC)

Merupakan jenis affiliate marketing di mana Anda akan mendapatkan komisi dari setiap klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung blog atau situs. Untuk harga per klik iklan ini bervariasi dan berbeda antara pengelola PP satu dengan lainnya. Kisarannya, mulai dari 300 rupiah per klik. Anda dapat menjumpai program affiliate marketing ini pada Google Adsense.

Pay Per Review (PPR)

PPR merupakan salah satu program affiliate di mana Anda akan mendapatkan komisi dari setiap review produk atau jasa yang telah Anda tulis di blog. Besar komisi biasanya dilihat menurut Page Rank Blog. Berkisar mulai 25 ribu rupiah per artikel atau blog untuk page rank 1. PPR yang populer dapat Anda temukan di reviewme.com dan sponsoredreview.com

Recurring Affiliate program (AFR)

Jenis program affiliate marketing di mana Anda akan mendapatkan komisi dari setiap rekrutmen member yang berlangganan suatu jasa dan layanan bulanan. Komisi biasanya dibayarkan secara berkala atau periode tetap. Misalnya, Anda dapat menjumpai AFR pada web hosting dan auto responder.